Perhatikan Jangan Sampai Salah Dalam Menggunakan AC

Seringkali anda sebagai pengguna ac merasa bahwa promo-promo dari setiap produk ac yang ditawarkan hanya tipu-tipu belaka. Karena penggunaannya yang tidak lama, sehingga belum waktu lama penggunaannya sudah rusak. Namun sepertinya anda juga harus memahami bahwa dalam menggunakan ac apakah anda sudah sesuai dengan petunjuk pemakaiannya atau belum. Jika hal itu yang terjadi, maka anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar justru mempersingkat umur ac. Bila anda paham dengan kesalahan-kesalahan itu dan tidak melakukannya kembali maka sudah pasti produk ac yang anda gunakan akan lebih awet serta tetap hemat listrik.

Kali ini, akan dibahas mengenai hubungan antara suhu dengan remote, suhu dengan unit indoor ac, serta suhu luar ruangan. Dimana suhu yang ada pada remote ac jika anda menaikkan atau menurunkannya seperti misalnya pada suhu 18 derajat, tentunya termometer yang ada di unit indoor ac akan diberi tahu oleh sensor seperti komputer, bahwa pengguna ac menginginkan suhu tersebut untuk mendinginkan ruangannya. Kemudian, oleh ac dan kompresornya tentu akan bekerja terus menerus untuk mendinginkan ruangan hingga mencapai suhu 18 derajat. Di siang hari, suhu 18 derajat tentu saja tidak akan tercapai karena suhu di luar ruangan mampu mencapai 32 – 36 derajat. Kondisi yang demikian tentu akan sangat mustahil dicapai bila anda menyetel suhu tersebut pada ac anda. Pada intinya, untuk menggunakan suhu terendah pada remote, maka anda bisa memilih suhu 20 derajat.

Hal yang dilakukan di atas merupakan salah satu kesalahan yang dilakukan para pengguna ac. Bisa dikatakan hal itu merupakan kesalahan terbesar. Karena ketika pengguna ac menyetel suhu ac di angka tersebut, tentunya akan membuat kompresor bekerja ekstra kuat. Kondisi ini nantinya yang akan menyebabkan perangkat ac anda menjadi lebih boros listrik. Akibatnya tagihan listrik anda akan terus melonjak. Tidak hanya itu saja, perangkat ac rumah yang anda miliki ini akan lebih singkat umurnya. Karena di dalam proses kerja ac, kompresor diharuskan untuk beristirahat dan tidak menggunakan listrik ketika suhu sudah sama dengan suhu di remote tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *